Minggu, 05 Juni 2016

Pembelajaran Bahasa Indonesia Terpadu di Sekolah Dasar






PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA TERPADU
DI SEKOLAH DASAR
Disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah “Pendidikan bahasa dan sastra indonesia” yang dibina oleh Dra.Suharti Ningsih M.pd

RESUME
Disusun Oleh
 Kelompok 6
     Wahyu Nur Jannah        (150210204022)
     Duwi Ernawati               (150210204024)
     Farisia Pratiwi Umami   (150210204051)

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS JEMBER
2016


 PEMBAHASAN
Pembelajaran Bahasa Indonesia Terpadu di SD
A.Pembelajaran Terpadu Lintas Materi
     Pembelajaran Terpadu lintas materi merupakan pembelajaran dengan cara memadukan / mengintegrasikan antara materi-materi yang ada dalam mata pelajaran tersebut.
     Pengorganisasian materi dalam Kurikulum 2004 mata pelajaran Bahasa Indonesia di SD dilaksanakan secara terpadu.Adapun keterpaduan materi tersebut dapat dilihat pada began berikut ini.

Membaca:
-          Membaca teks bacaan
-          Mendlekamasikan puisi

Berbicara:
-          Mendiskusikan isi teks bacaan

Mendengarkan:
-          Mendengarkan pembacaan karangan

Menulis:
-          Menulis karangan
-          Memeriksa pemakaian tanda baca dalam karangan




Tema
Lingkungan
 

        Dalam bagan  tersebut dapat diketahui bahwa pembelajaran bahasa Indonesia di SD/MI atau Jenjang SMP,dan SMA dimulai dengan pemilihan tema,misalnya lingkungan.Jadi belajar bahasa tidak mungkin tanpa tema.Tema ini merupakan wadah untuk belajar bahasa. Untuk melatih keempat keterampilan berbahasa dimulai dengan pemilihan/penentuan tema, setelah  itu baru kita rencanakan langkah-langkah pembelajarannya.

Contoh Pembelajaran bahasa Indonesia terpadu lintas materi di SD kelas III,sebagai berikut



CONTOH (SALAH SATU ALTERNATIF)
Model Pembelajaran di Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah
Mata Pelajaran                        : Bahasa Indonesia
Satuan Pendidikan                  : Sekolah Dasar
Kelas/semester                        : 3/I
Waktu                                     : 1 kali pertemuan ( 2x40’)
Tema                                       : Lingkungan
Standar Kompetensi               : Mampu membaca dengan pemahaman teks lumayan
                                                  panjang dengan cara membaca lancar ( bersuara), dan
                                                  membaca dalam hati secara intensif,dan membaca
                                                  secara memindai suatu dena serta membaca dongeng
                                                  dan puisi.
Kompetensi Dasar                   : Membaca bersuara ( membaca teks )
Hasil Belajar                            : Membaca teks untuk diri sendiri dan orang lain .
Indikator hasil belajar             : 1.  Siswa dapat dapat membaca teks dengan  lafal dan
                                                       intonasi yang  tepat.
                                                 2.  Siswa dapat menjawab pertanyaan isi teks secara
                                                      lisan atau tertulis.
Langkah Pembelajaran:
1.      Salah seorang siswa disuruh membaca nyaring sebuah teks yang sudah disiapkan guru yang berjudul Lingkungan di Sekitar Kita.
2.      Siswa-siswa lainnya disuruh menyimak (membaca dipadukan dengan mendengarkan – ketika itu guru membetulkan kesalahan pelafalan atau intonasi yang kurang tepat).
3.      Setelah selesai membaca siswatersebut disuruhmenceritakan isi teks yang telah dibacanyadengan kalimat sendiri (membaca dipadukan dengan berbicara).
4.      Siswa-siswa yang lain disuruh mendengarkan dan mencatat kalau ada kekurangan isi yang diceritakan, ada kesalahan kalimat atau penggunaan kata yang kurang tepat (berbicara dipadukan dengan mendengarkan dan menulis serta kebahasaan).
5.      Seluruh siswa disuruh menjawab pertanyaan-pertanyaan bacaan secara tertulis (membaca dipadukan dengan menulis).
6.      Setelah selesai menjawab pertanyaan bacaan secara tertulis, salah seorang siswa disuruh membacakan jawabannya, sedangkan yang lain diberi kesempatan untuk mengajukan pendapatnya yang lain yang berhubungan dengan jawaban pertanyaan bacaan tersebut secara lisan (Omenulis dipadukan berbicara).
B. Pembelajaran Terpadu Lintas Kurikulum
     Pembelajaran  terpadu lintas kurikulum adalah pembelajaran dengan  jalan memadukan beberapa mata pelajaran.
     Di samping pembelajaran terpadu lintas materi dalam suatu mata pelajaran  (memadukan materi keterampilan  berbahasa), keterpaduan  tersebut dapat juga dilaksanakan lintas  kurikulum. Artinya yang dipadukan itu antara bebeerapa mata pelajaran, misalnya pelajaran Bahasa Indonesia dipadukan dengan Sains.
     Pada hakikatnya belajar apapun modal utamanya yang harus dimiliki siswa adalah keterampilan baca-tulis (dua aspek keterampilan dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia).Kemampuan dan ketrampilan baca-tulis , khususnya ketrampilan membaca,harus dikuasai oleh para siswa di SD karena kemampuan dan ketrampilan ini secara langsung berkaitan dengan seluruh proses belajar siswa di SD.
     Keberhasilan belajar mereka dalam mengikuti proses kegiatan belajar mengajar di sekolah sangat ditentukan oleh penguasa kemampuan.siswa tidak mampu  membaca dengan baik akan mengalami kesulitan dalam  mengikuti kegiatan pembelajaran untuk semua mata pelajaran.
Contoh Silabus Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah yang dimuat dalam acauan Pengembangan Kurikulum ( Depdiknas,2003 ) sebagai berikut.



Mata Pelajaran                        : Sains
Satuan Pendidikan                  : Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah
Kelas/semester                        : IV/2
Waktu                                     : 4 kali pertemuan ( 4x40’)

Kompetensi Dasar                   : Siswa diharapkan mampu mengidentifikasi perubahan
                                                  Benda yang dapat kembali kebentuk semula.


Hasil Belajar                            : Siswa mampu  membedakan  perubahan wujud yang
                                                  dapat bolak balik
Indikator hasil belajar             : Siswa dapat melakukan  percobaan untuk
                                                  Mengidentifikasi perubahan wujud benda yang dapat
                                                  dengan mudah kembali ke wujud semula.   

Langkah Pembalajaran :
Pengorganisasian : kelompok kecil
1.Pertemuan Pertama : Menyelidiki perubahan air menjadi uap dan kembali lagi menjadi air.
a.       Tanya jawab tentang penalaman siswa mengenai terjadinya hujan. (secara tidak langsung melatih kemahiran berbicara)
b.      Penjelasan singkat tentang penggunaan alat (secara tidak langsung melatih menangkap informasi lisan – keterampilan mendengarkan).
c.       Kegiatan percobaan.
d.      Melaporkan hasil percobaan (melaporkan secara lisan – melatih keterampilan berbicara atau melaporkan secara tulis – melatih keterampilan menulis).
e.       Menyimpulkan hasil kegiatan (lisan – keterampilan berbicara; tulis – keterampilan menulis).
f.       Memberi contoh penerapan konsep dalam kehidupan sehari-hari (lisan – keterampilan berbicara).

2.Pertemuan Kedua         : Menyelidikan perubahan wujud lilin yang
                                           dipanaskan,kemudian didinginkan.
3.Pertemuan Ketiga         : Menyelidiki perubahan wujud gula pasir yang dipanaskan ,
                                           Kemudian mengkristal lagi.
4.Pertemuan Keempat     : menyelidiki perubahan wujud air menjadi es dan kembali
                                           lagi menjadi Air.
Catatan
   Langkah-langkah kegiatan sama dengan pertemuan pertama.
     Alat , bahan , sumber :
a.       Air , lilin , es batu dan gula pasir
b.      Lampu , sendok makan ,cawan dan labu
c.       Buku paket IPA kelas 4
Penilaian :
a.       Penilaian Pengamatan             : diberikan oleh guru pada saat siswa melakukan   
                                                  kegiatan.
b.      Penilaian Materi                      : Tanya-jawab tentang yang baru saja dilakukan
                                                  Siswadisesuaikan dengan indicator yang akan
                                                  Disesuaikan dengan indicator yang akan
                                                  dicapai dalam pembelajaran.









0 komentar:

Posting Komentar

 

Farisia Pratiwi Umami Template by Ipietoon Cute Blog Design