PEMBELAJARAN
BAHASA INDONESIA TERPADU
DI
SEKOLAH DASAR
Disusun untuk memenuhi
tugas mata kuliah “Pendidikan bahasa dan sastra indonesia” yang dibina oleh Dra.Suharti Ningsih M.pd
RESUME
Disusun
Oleh
Kelompok 6
Wahyu Nur Jannah (150210204022)
Duwi
Ernawati (150210204024)
Farisia Pratiwi Umami (150210204051)
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU
SEKOLAH DASAR
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU
PENDIDIKAN
UNIVERSITAS JEMBER
2016
PEMBAHASAN
Pembelajaran
Bahasa Indonesia Terpadu di SD
A.Pembelajaran Terpadu
Lintas Materi
Pembelajaran Terpadu lintas materi
merupakan pembelajaran dengan cara memadukan / mengintegrasikan antara
materi-materi yang ada dalam mata pelajaran tersebut.
Pengorganisasian materi dalam Kurikulum
2004 mata pelajaran Bahasa Indonesia di SD dilaksanakan secara terpadu.Adapun
keterpaduan materi tersebut dapat dilihat pada began berikut ini.
Membaca:
-
Membaca teks bacaan
-
Mendlekamasikan puisi
|
Berbicara:
-
Mendiskusikan isi teks bacaan
|
Mendengarkan:
-
Mendengarkan pembacaan karangan
|
Menulis:
-
Menulis karangan
-
Memeriksa pemakaian tanda baca
dalam karangan
|
Tema
Lingkungan
|
Dalam bagan tersebut dapat diketahui bahwa pembelajaran
bahasa Indonesia di SD/MI atau Jenjang SMP,dan SMA dimulai dengan pemilihan
tema,misalnya lingkungan.Jadi belajar bahasa tidak mungkin tanpa tema.Tema ini
merupakan wadah untuk belajar bahasa. Untuk melatih keempat keterampilan
berbahasa dimulai dengan pemilihan/penentuan tema, setelah itu baru kita rencanakan langkah-langkah pembelajarannya.
Contoh Pembelajaran
bahasa Indonesia terpadu lintas materi di SD kelas III,sebagai berikut
CONTOH (SALAH SATU ALTERNATIF)
Model Pembelajaran di Sekolah Dasar
dan Madrasah Ibtidaiyah
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Satuan Pendidikan : Sekolah Dasar
Kelas/semester : 3/I
Waktu : 1 kali
pertemuan ( 2x40’)
Tema :
Lingkungan
Standar Kompetensi : Mampu membaca dengan pemahaman
teks lumayan
panjang dengan cara membaca lancar (
bersuara), dan
membaca dalam hati secara intensif,dan membaca
secara memindai suatu dena serta membaca dongeng
dan puisi.
Kompetensi Dasar : Membaca bersuara ( membaca
teks )
Hasil Belajar : Membaca teks untuk
diri sendiri dan orang lain .
Indikator hasil belajar : 1. Siswa dapat dapat membaca teks dengan lafal dan
intonasi yang tepat.
2.
Siswa dapat menjawab pertanyaan isi teks secara
lisan atau tertulis.
Langkah Pembelajaran:
1.
Salah seorang siswa disuruh membaca
nyaring sebuah teks yang sudah disiapkan guru yang berjudul Lingkungan di
Sekitar Kita.
2.
Siswa-siswa lainnya disuruh menyimak
(membaca dipadukan dengan mendengarkan – ketika itu guru membetulkan kesalahan
pelafalan atau intonasi yang kurang tepat).
3.
Setelah selesai membaca siswatersebut
disuruhmenceritakan isi teks yang telah dibacanyadengan kalimat sendiri
(membaca dipadukan dengan berbicara).
4.
Siswa-siswa yang lain disuruh
mendengarkan dan mencatat kalau ada kekurangan isi yang diceritakan, ada
kesalahan kalimat atau penggunaan kata yang kurang tepat (berbicara dipadukan
dengan mendengarkan dan menulis serta kebahasaan).
5.
Seluruh siswa disuruh menjawab
pertanyaan-pertanyaan bacaan secara tertulis (membaca dipadukan dengan
menulis).
6.
Setelah selesai menjawab pertanyaan
bacaan secara tertulis, salah seorang siswa disuruh membacakan jawabannya,
sedangkan yang lain diberi kesempatan untuk mengajukan pendapatnya yang lain
yang berhubungan dengan jawaban pertanyaan bacaan tersebut secara lisan
(Omenulis dipadukan berbicara).
B. Pembelajaran Terpadu
Lintas Kurikulum
Pembelajaran terpadu lintas kurikulum adalah pembelajaran
dengan jalan memadukan beberapa mata
pelajaran.
Di samping pembelajaran terpadu lintas
materi dalam suatu mata pelajaran (memadukan
materi keterampilan berbahasa),
keterpaduan tersebut dapat juga
dilaksanakan lintas kurikulum. Artinya
yang dipadukan itu antara bebeerapa mata pelajaran, misalnya pelajaran Bahasa
Indonesia dipadukan dengan Sains.
Pada hakikatnya belajar apapun modal
utamanya yang harus dimiliki siswa adalah keterampilan baca-tulis (dua aspek
keterampilan dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia).Kemampuan dan ketrampilan
baca-tulis , khususnya ketrampilan membaca,harus dikuasai oleh para siswa di SD
karena kemampuan dan ketrampilan ini secara langsung berkaitan dengan seluruh
proses belajar siswa di SD.
Keberhasilan belajar mereka dalam
mengikuti proses kegiatan belajar mengajar di sekolah sangat ditentukan oleh
penguasa kemampuan.siswa tidak mampu
membaca dengan baik akan mengalami kesulitan dalam mengikuti kegiatan pembelajaran untuk semua
mata pelajaran.
Contoh Silabus Sekolah
Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah yang dimuat dalam acauan Pengembangan Kurikulum (
Depdiknas,2003 ) sebagai berikut.
Mata Pelajaran : Sains
Satuan Pendidikan : Sekolah Dasar/Madrasah
Ibtidaiyah
Kelas/semester : IV/2
Waktu : 4 kali
pertemuan ( 4x40’)
Kompetensi Dasar : Siswa diharapkan mampu
mengidentifikasi perubahan
Benda yang dapat kembali kebentuk semula.
Hasil Belajar : Siswa mampu membedakan
perubahan wujud yang
dapat bolak balik
Indikator hasil belajar : Siswa dapat melakukan percobaan untuk
Mengidentifikasi perubahan wujud benda yang dapat
dengan mudah kembali ke wujud semula.
Langkah Pembalajaran :
Pengorganisasian :
kelompok kecil
1.Pertemuan Pertama :
Menyelidiki perubahan air menjadi uap dan kembali lagi menjadi air.
a.
Tanya jawab tentang penalaman siswa
mengenai terjadinya hujan. (secara tidak langsung melatih kemahiran berbicara)
b.
Penjelasan singkat tentang penggunaan
alat (secara tidak langsung melatih menangkap informasi lisan – keterampilan
mendengarkan).
c.
Kegiatan percobaan.
d.
Melaporkan hasil percobaan (melaporkan
secara lisan – melatih keterampilan berbicara atau melaporkan secara tulis –
melatih keterampilan menulis).
e.
Menyimpulkan hasil kegiatan (lisan –
keterampilan berbicara; tulis – keterampilan menulis).
f.
Memberi contoh penerapan konsep dalam
kehidupan sehari-hari (lisan – keterampilan berbicara).
2.Pertemuan Kedua :
Menyelidikan perubahan wujud lilin yang
dipanaskan,kemudian
didinginkan.
3.Pertemuan Ketiga : Menyelidiki perubahan wujud gula
pasir yang dipanaskan ,
Kemudian
mengkristal lagi.
4.Pertemuan
Keempat : menyelidiki perubahan wujud
air menjadi es dan kembali
lagi
menjadi Air.
Catatan
Langkah-langkah kegiatan sama dengan
pertemuan pertama.
Alat , bahan , sumber :
a.
Air , lilin , es batu dan gula pasir
b.
Lampu , sendok makan ,cawan dan labu
c.
Buku paket IPA kelas 4
Penilaian :
a.
Penilaian Pengamatan : diberikan oleh guru pada saat
siswa melakukan
kegiatan.
b.
Penilaian Materi : Tanya-jawab tentang yang baru saja dilakukan
Siswadisesuaikan dengan indicator yang akan
Disesuaikan dengan indicator yang akan
dicapai dalam pembelajaran.
0 komentar:
Posting Komentar